Minggu, 13 Oktober 2013

Fitur pada HTML5

Sejak kemunculannya pertama kali HTML sudah mulai banyak diminati para web design. Pengembangannya  dan versinya pun sudah banyak sekali. Hingga saat ini yang terkenal adalah versi HTML. Apa itu HTML5? dan Apa bedanya dengan HTML? sudah dibahas sebelumnya oleh teman saya. Silakan baca disini.

Kali ini saya akan membahas beberapa fitur-fitur yang ada di HTML5. Fitur-fitur tersebut adalah :

Canvas
Seperti pada lukisan, canvas pada HTML5 juga digunakan sebagai media gambar pada halaman web. Sebelumnya untuk mendesign sebuah web yang menarik kita perlu menambahkan plugin tersendiri, atau menggunakan flash atau juga aplet java. Dengan menambahkan canvas kita dapat langsung berimajinasi tentang gambaran web yang akan kita bangun.

Video dan Audio
Versi sebelumnya, untuk memutar audio atau video diharuskan menyisipkan flash. Pada HTML5 dengan menggunaka tag <audio> atau <video> kita dapat dengan mudah menambahkan file mulimedia pada halaman web kita. Format video akan bervariasi pada tiap browser yang digunakan.

Local Storage
Local storage memungkinkan untuk menyimpan data cache lebih besar dari pada browser biasanya sehingga memungkinkan juga dapat meningkatkan performa aplikasi.

Semantics
Pada HTML5 semantic menjadi sebuah fitur unggulan. Dimana elemen seperti div, nav dll sudah tidak digunakan lagi. Dengan menggunakan fitur ini web yang akan kita bangun akan lebih menarik serta dinamis. Akan ada beberapa tag khusus untuk navigasi, section, footer dan lainnya.

untuk melihat penjelan tentang HTML5 yang lain silakan kunjungi blog berikut :
Sejarah HTML5
Pengenalan HTML5
Elemen pada HTML5
Kekurangan dan Kelebihan HTML5



Referensi:


4 komentar: